Belajar Fisika itu Mudah

PARTIKEL ALPHA

Pada kesempatan ini kita akan kembali membahas tentang partikel. Pada pembahasan sebelumnya tentang defenisi partikel telah di jelaskan dengan jelas. Partikel yang akan menjadi topik pembahasan kita kali ini adalah salah satu pertikel jenis radiasi yaitu partikel alpha. (baca juga partikel Boson Higgs).

Partikel Alpha adalah bentuk radiasi partikel yang sangat menyebabkan ionisasi, dan kemampuan penetrasinya rendah. Partikel tersebut terdiri dari dua buah proton dan dua buah neutron yang terikat menjadi sebuah partikel yang identik dengan nukleus  helium, dan karenanya dapat ditulis juga sebagai He2+.
Kadang-kadang proses ini membuat nukleus berada dalam excited state dan akan memancarkan sinar gamma untuk membuang energi yang lebih. Setelah partikel alpha dipancarkan, massa atom elemen yang memancarkan akan turun kira-kira sebesar 4 amu. Ini dikarenakan oleh hilangnya 4 nukleon. Nomor atom dari atom yang bersangkutan turun 2, karena hilangnya 2 proton dari atom tersebut, menjadikannya elemen yang baru.


Partikel alpha ialah satu dari tiga jenis radiasi (alfa, beta, gamma), yang dipancarkan oleh zat radioaktif, yang penetrasinya paling kecil, yaitu yang dapat dihentikan oleh sehelai kertas. Partikel alfa tidak berbahaya bagi tanaman, hewan, atau manusia, kecuali bila zat pemancar alfa tersebut sudah masuk ke dalam tubuh.
Itulah beberapa penjelasan mengenai partikel alfha, jika pembaca masih memiliki pertanyaan seputar partikel alfa silahkan berkomentar pada kolom komentar yang ada di bawah!
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Fisika Partikel dengan judul PARTIKEL ALPHA. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://fisika-info.blogspot.com/2016/05/partikel-alfha.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Friday, May 20, 2016

Belum ada komentar untuk "PARTIKEL ALPHA"

Post a Comment