Belajar Fisika itu Mudah

RANGKAIAN ELEKTRONIKA SETARA THEVENIN DAN RANGKAIAN SETARA NORTON

Rangkaian Elektronika Setara Thevenin dan Rangkaian Setara Norton---Ada dua bentuk rangkaian setara, yaitu rangkaian setara Thevenin dan rangkaian setara Norton. Sebelum melanjutkan kegiatan membaca anda, bantu kami untuk klik gambar di samping. Definisi Tegangan dan Hambatan Thevenin Tegangan Thevenin, VTH, didefinisikan sebagai tegangan yang melewati terminal beban saat hambatan beban terbuka. Karena ini, tegangan Thevenin terkadang disebut
dengan tegangan rangkaian terbuka. Definisinya : 

Tegangan Thevenin : VTH  = VOC

Dengan VOC  merupakan singkatan dari “Open – Circuit Voltage”. Hambatan Thevenin didefinisikan sebagai hambatan yang diukur antar – terminal saat seluruh sumber dibuat nol (dihubungsingkat) dan hambatan beban terbuka. Sebagai definisi :

Hambatan Thevenin : RTH  = ROC

Gambar 1.1 memperlihatkan sebuah kotak hitam (black box) yang mengandung rangkaian dengan sumber searah (DC) dan hambatan linier (hambatan yang tidak berubah dengan naiknya tegangan).

RANGKAIAN ELEKTRONIKA SETARA THEVENIN DAN RANGKAIAN SETARA NORTON
Gambar 1. (a) Kotak hitam yang mengandung rangkaian linear di dalamnya, (b) Rangkaian setara Thevenini.
,

Theorema Thevenin merupakan alat bantu aplikatif dalam dunia elektronika. Theorema ini tidak hanya menyederhanakan perhitungan, tetapi juga memungkinkan kita untuk menjelaskan operasi rangkaian yang tidak mampu dijelaskan hanya dengan menggunakan persamaan Kirchhoff.

Definisi Arus dan Hambatan Norton

Arus Norton, IN, didefinisikan sebagai arus beban saat hambatan beban dihubung singkat. Karena ini, arus Norton terkadang disebut juga dengan arus hubung singkat  (Short – Circuit Current, ISC). Sebagai definisi :

Arus Norton :  IN  = ISC

Hambatan Norton, RN, adalah hambatan yang diukur oleh ohmmeter pada terminal beban saat seluruh sumber diturunkan menjadi nol dan hambatan beban dibuka (dilepas). Sebagai definisi :

Hambatan Norton : RN  = ROC
Karena hambatan Thevenin dan hambatan Norton memiliki definisi yang sama, maka dapat dituliskan : RN  =  RTH

Penurunan ini menunjukkan bahwa hambatan Thevenin sama dengan hambatan Norton. Apabila kita menghitung hambatan Thevenin sebesar 10 kW, maka hambatan Norton juga sebesar 10 kW.

Gambar 1.2 memperlihatkan sebuah kotak hitam (Black Box) yang mengandung rangkaian apa saja dengan sumber searah dan hambatan linier.

RANGKAIAN ELEKTRONIKA SETARA THEVENIN DAN RANGKAIAN SETARA NORTON
Gambar 2. (a) Kotak hitam yang mengandung rangkaian linear di dalamnya, (b) Rangkaian setara Norton


Norton membuktikan bahwa rangkaian dalam kotak hitam pada seperti pada Gambar 1.2(a) di atas akan menghasilkan tegangan beban yang sama dengan rangkaian sederhana Gambar 1.2(b). Sebagai penurunan, theorema Norton terlihat sebagai berikut.
VL  =  IN  (RN | | RL)

Dengan kata lain, tegangan beban sama dengan arus Norton dikalikan dengan hambatan Norton yang parallel dengan hambatan beban.
Sebelumnya kita definisikan hambatan Norton setara dengan hambatan Thevenin. Tetapi perhatikan perbedaan posisi hambatan : hambatan Thevenin selalu diseri dengan sumber tegangan, sedangkan hambatan Norton selalu parallel dengan sumber arus.

Seluruh rangkaian elektronik yang kompleks dapat diketahui besar hambatan, arus dan tegangan berdasarkan pemanfaatan rangkaian setara thevenin dan rangkaian setara norton. artikel ini kami buat agar pembaca dapat memproleh pengetahuan yang cukum untuk mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Elektronika dengan judul RANGKAIAN ELEKTRONIKA SETARA THEVENIN DAN RANGKAIAN SETARA NORTON. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://fisika-info.blogspot.com/2015/11/rangkaian-setara-thevenin-dan-rangkaian.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Thursday, November 12, 2015

Belum ada komentar untuk "RANGKAIAN ELEKTRONIKA SETARA THEVENIN DAN RANGKAIAN SETARA NORTON"

Post a Comment