Belajar Fisika itu Mudah

CARA MENENTUKAN KONSTANTA GRAVITASI UMUM

Apa itu Gravitasi?

Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta. Gravitasi matahari mengakibatkan benda-benda langit berada pada orbit masing-masing dalam mengitari matahari. Fisika modern mendeskripsikan gravitasi menggunakan Teori Relativitas Umum dari Einstein, namun hukum gravitasi universal Newton yang lebih sederhana merupakan hampiran yang cukup akurat dalam kebanyakan kasus.(baca juga arikel tentang sejarah gravitasi)

Sebagai contoh, bumi yang memiliki massa yang sangat besar menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar untuk menarik benda-benda di sekitarnya, termasuk makhluk hidup, dan benda-benda yang ada di bumi. Gaya gravitasi ini juga menarik benda-benda yang ada di luar angkasa, seperti bulan, meteor, dan benda angkasa lainnya, termasuk satelit buatan manusia.

Beberapa teori yang belum dapat dibuktikan menyebutkan bahwa gaya gravitasi timbul karena adanya partikel gravitron dalam setiap atom.

Cara menentukan nilai kosntanta gravitasi umum--
Nilai G merupakan tetapan umum yang diukur secara eksperimen dan memiliki nilai numerik yang sama untuk semua benda. Sebelum melanjutkan kegiatan membaca anda, bantu kami untuk klik gambar di samping. Nilai G ini pertama kali diukur oleh Hernry Cavendish, pada tahun 1798. Cavendish menggunakan peralatan seperti ditujukan pada Gambar berikut!

CARA MENENTUKAN KONSTANTA GRAVITASI UMUM

Cavendish menggunakan alat ini untuk menghitung massa bumi. Dua bola timah hitam digantungkan pada ujung-ujung sebuah tiang yang digantungkan pada kawat sedemikian ruipa sehingga tiang dapat berputar dengan bebas. Batangan yang menyangga dua bila besar diputar sedemikian rupa sehingga bola besar dan bola kecil saling mendekati. Gaya tarik gravitasi antara bola besar dan bola kecil menyebabkan tiang tersebut berputar. Dengan mengukur besar putaran. Cavendish dapat menghitung gaya tarik bola yang massanya diketahui pada jarak tertentu dengan menggunakan hukum gravitasi. Cavendish tidak hanya memperkuat teori gravitasi. Newton, tetapi juga berhasil menentukan nilai G. Nilai yang diterima sampai sekarang ini adalah G = 6,672 x 10^–11 Nm^2/kg^2.

Jika anda tertarik untuk menguji cobakan percobaan terkait cara menentukan konstanta gravitasi umum, tidak ada salahnya untuk mempelajari prinsip kerja alat yang dibuat oleh Cavendish dan menakukan percobaan serupa. 
.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Fisika Klasik dengan judul CARA MENENTUKAN KONSTANTA GRAVITASI UMUM. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://fisika-info.blogspot.com/2015/11/cara-menentukan-konstanta-gravitasi-umum.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Monday, November 2, 2015

Belum ada komentar untuk "CARA MENENTUKAN KONSTANTA GRAVITASI UMUM"

Post a Comment